Posted by: pandu | August 5, 2009

Apakah Sahara Mendapat Keuntungan dari Global Warming?

Sebuah studi yang dilakukan oelh beberapa ilmuwan menunjukkan bahwa ada sebagian Sahara yang kembali menjadi lahan fertil.

090731-green-sahara_big

Salah satu wilayah Sahara yang mengalami penghijauan kembali adalah Sahel, wilayah selatan Sahara yang memanjang 2400 mil. Foto-foto yang diambil di daerah tersebut antara tahun 1972 sampai 2002 menunjukkan penghijauan, menurut jurnal Biogeosciences. Selain itu juga terdapat penghijauan di wilayah Chad dan Sudan bagian barat.

Salah satu penyebab pulihnya kondisi lahan diduga adalah curah hujan yang meningkat. Dengan udara yang semakin panas, diperkirakan udara sanggup menahan cairan yang lebih banyak, sehingga curah hujan yang dihasilkan bisa meningkat pula. Hal ini dikemukakan oleh Martin Claussen dari Max Planck Institute for Meteorology di Hamburg.

Berdasarkan survei lapangan, jumlah tanaman yang ada bertambah, seperti acacia, yang muncul di bagian utara Sudan dan barat daya Mesir.

Namun kondisi ini sudah beberapa kali menjadi sebuah perkiraan. Salah satu studi di Geophysical Research Letters memperkirakan bahwa pada tahun 2080, curah hujan pada musim hujan akan ada pada kisaran 2 mm per hari. Namun tidak semua ilmuwan sekata dengan pendapat ini, masih ada ilmuwan yang menganggap curah hujan akan kembali turun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: